Selasa, 11 Desember 2018

review materi query pada Ms. Access

Pengertian Query Dan Fungsinya Didalam Microsoft Access

Query adalah semacam kapabilitas  (kemampuan) untuk menampilkan suatu data/information dari database di mana  mengambil dari table-tabel yang tersedia  di database, tetapi tabel  tersebut tidak seluruh/semua ditampilkan sesuai/cocok dengan yang  kita inginkan. data/information apa yang inginkan  kita tampilkan.
Query adalah ‘permintaan data’  kita berupa/berbentuk bahasa bisnis, untuk mengolah/memproses data didalam tabel-tabel menjadi satu  informasi yang  dapat/bisa dimengerti. Seperti mengelompokkan sepuluh penjualan terbesar oleh konsumen (pembeli) yang dimiliki. Ia bisa berdasarkan  terhadap satu tabel saja, atau  terhadap dua/lebih tabel, ataupun berdasarkan terhadap query yang sudah/telah ada.

Tipe Objek Basis Data dalam Ms. Access
  1. Tables, berupa tempat untuk menyimpan sekumpulan data yang sejenis. Tabel merupakan komponen utama dari sebuah database.
  2. Queries, digunakan untuk mencari dan menampilkan data yang memenuhi syarat tertentu dari suatu tabel atau lebih. Query dapat digunakan untuk meng-update atau menghapus beberapa record data pada saat yang sama. Selain itu query dapat dipergunakan untuk menjalankan perhitungan terhadap selekompok data.
  3. Forms, untuk menampilkan data dari tabel dan query sehingga data tersebut dapat dilihat, ditambah, dihapus, dan sebagainya sesuai dengan operasi database.
  4. Report, dipergunakan untuk menampilkan laporan hasil analisa data. Laporan ini dapat dikelompokkan sesuai dengan criteria tertentu, dan juga laporan dapat berupa grafik atau label data.
  5. Pages, fungsinya untuk membuat halaman Web (page) berupa data access page yang dapat ditempatkan di server jaringan intranet dan internet.
  6. Macro, mengotomasikan perintah yang sering dipergunakan untuk mengelola basis data.
  7. Module, digunakan untuk merancang berbagai modul aplikasi pengelolaan database tingkat lanjut sesuai dengan kebutuhan user.

Fungsi Query
Ada tiga fungsi Query, yaitu :
1. Menampilkan data-data tertentu/khusus terhadap suatu table, contohnya kita hanya/cuma menginginkan {melihat|lihat|menyaksikan|memandang} data/information pada table barang yang kode barangnya “B001”
2. Menampilkan data/information berasal dari dua table atau lebih dengan syarat anatara table itu tersedia/ada field yang berhubungan. Contohnya kita ingin melihat Nomor Faktur “F0001” itu siapa pemiliknya. Di sini kita mengambil alih data/information yang berasal dari table Header Penjualan dan Table Karyawan, Sebagai penghubungnya adalah field NIK.
3. Dapat melakukan/menjalankan operasi perhitungan.
Query umumnya/biasanya digunakan sebagai sumber data/information untuk Report dan Form.Kita bahas sedikit mengenai Form dan Report yaa sebelum kita akan masuk ke cara/langkah pembuatan query


Form
 

Form digunakan untuk merepresentasikan ke user atau menerima inputan yang berasal dari user data-data didalam tabel/query dalam bentuk/wujud interface grid, tombol, dan lain-lain kontrol (pengecekan) windows. form dalam access dapat/bisa dimasukkan ke dalam form lain sebagai control sub form, umumnya/kebanyakan jika bekerja didalam transaksi master-detail.

Report

Report, layaknya seperti form, digunakan untuk merepresentasikan hasil olahan data/information menjadi Info/informasi yang siap di cetak di lembaran kertas.

Cara Membuat Report
Report bisa dibuat/dibikin dengan dua cara/langkah yakni maual dan wizards. Pada tutorial terkandung/terdapat beberapa contoh pembutan report., kamu tinggal mengikuti langkah-langkah pembuatannya.

Pembuatan Report
Report Struk Penjualan, digunakan untuk mencetak struk barang-barang yang dibeli karyawan.
1. Sebelum kita membuat/bikin reportnya terlebih dulu kita membuat/bikin sumberdata untuk report ini. Sumber data/information sebuah report bisa berasal dari table atau berasal dari Query. Untuk kepentingan/keperluan ini kita akan membuat Query Struk, Berikut Design untuk Query Struk, Simpan dengan nama qry_Struk
2. Pada Jendela Database klik Report. Klik New, muncul/keluar jendela Report Wizard

Cara/langkah pembuatan query di microsoft access :

1. Membuat Query dalam Microsoft access kalian harus mempunyai table/database,
2. Bukalah database tersebut. Kemudian Klik Create terus pilih Query, seperti pada gambar dibawah ini . 
 cara membuat Query dalam Ms Access

3. Pilihlah table yang akan dibuat Query, kemudian pilih Add seperti pada gambar dibawah ini.
 Membuat Query dalam Microsoft Access

Ingat pembuatan Query adalah sebuah penyederhanaan dari sebuah table, kita juga harus mempunyai table untuk dibuat Query. Pada gambar diatas yang akan kita buat Query adalah table dengan nama “ Data Siswa Baru” seperti pada gambar dibawah ini. 

4. Berilah centang pada data yang ingin kita tunjukkan pada tabel baru hasil pembuatan dari Query. Misalnya kita ingin menampilkan nama dan jumlah nilai sehingga akan, maka kita akan memilih kedua tersebut, perhatikan gambar dibawah ini untuk lebih memahami tentang pembuatan Query dalam Microsoft Access

 Cara membuat Query dalam Microsoft Access
 pada gambar yang dilingkari disebelah kiri ada beberapa penjalasan misalnya saja Field adalah kolom yang ingin kita tampilkan, karena kita hanya ingin menampilkan data dari Nama dan Jumlah siswa saja maka hanya menampilkan kedua tersebut, table adalah nama table yang akan kita buat query, Sort kita dapat membuat sort dalam query caranya hampir sama dengan sort dan filter pada Microsoft Excel, show yang diconteng digunakan untuk menampilkan data table.


 5. Setelah itu pilih View, kemudian pilih datasheet view, seperti pada gambar dibawah ini 
 Cara membuat Query dalam Microsoft Access


 6. Tampilan akhir dari query yang akan kita buat nanti hasilnya adalah berupa datasheet, seperti pada gambar dibawah ini. 

Cara Membuat Query dalam Microsoft Access 

 Membuat Query dengan Design View pada Ms. Access
1.   Klik tabel Query pada Access anda.
2.   Klik New, akan muncul New Query dialog box.

3.   Pilih Design View pada New Query Dialog box lalu klik tombol OK.
4.   Akan muncul dialog Show Table.
5.   Klik tabel yang akan digunakan dalam query lalu klik tombol Add. (atau anda dapat men-double klick nama tabel).
6.   Klik tombol Close jika tabel sudah selesai di-add.
7.   Akan tampak layar design view query.
8.   Double click pada field-field dari tabel yang akan ditampilka pada query.
9.   Jika anda perlu mengurutkan data klik pada baris Sort di field yang akan diurutkan lalu pilih Ascending atau Descending dari combo box Sort. (Ascending untuk mengurutkan dari terkecil ke terbesar sedangkan Descending sebaliknya.
 





DAFTAR PUSTAKA

Materi Ibu Nurwati

2013, Pengertian Query dan Fungsinya didalam Microsoft Access, Wordpress, dilihat 12 Desember 2018, http://infopengertian.biz/pengertian-query-dan-fungsiny-didalam-microsoft-access.html

Dhani Akbar, 7 Tipe Objek Basis Data dalam Microsoft Access, dilihat 12 Desember 2018, http://ramdhani-akbar.blogspot.com/2014/06/7-tipe-objek-basis-data-dalam-microsoft.html

Sugeng, Cara Membuat Query dalam Microsoft Access, dilihat 12 Desember 2018, http://mahir-msoffice.blogspot.com/2015/07/cara-membuat-query-dalam-microsoft.html

Abu Fadhilah Azzahra, Membuat Query dengan Design View di Access, dilihat 12 Desember 2018, http://www.ilmusoftware.com/2010/09/membuat-query-dengan-design-view-di.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar